Senin, Agustus 30, 2010

21 Ramadhan Mengenang Syahadahnya Sayyidina Al-Imam Ali bin Abi Thalib Karramallahu wajhah



Pada waktu subuh, hari ke 19 bulan suci Ramadhan, setelah azan subuh dikumandangkan Imam Ali memasuki masjid dan suara beliau yang indah terdengar membangunkan orang-orang yang tertidur di dalamnya. “Ayuhan naas, assholah”, wahai manusia, waktu sholat telah tiba, bangkitlah!"

Pada tahun ke empat puluh, sekelompok dari kaum Khawarij berkumpul di kota Makkah dan menangisi orang-orang mereka yang terbunuh pada peperangan Nahrawan. Tiga orang dari mereka satu sama lainnya saling mengikat janji untuk membunuh Amirul mukminin Ali as, Amru bin Ash dan Muawiyah, pada satu malam yang sama.

Ibnu Muljam mendapat tugas untuk membunuh Ali as dan telah memasuki kota Kufah. Dengan dibantu oleh seorang perempuan bernama Qutham binti Akhdor, dan Ibnu Muljam dijanjikan akan menikah dengannya, juga dibantu oleh Syabib bin Bajrah dan Wardan bin Mujalah, rencana itupun disusun dan dilakukan.

Pada tanggal 13 bulan Ramadhan tahun 40 H, Imam Ali as setelah menyelesaikan peperangan Nahrawan, beliau telah mendapat berita akan kesyahidannya.

Pada hari itu beliau berdiri di atas mimbar, menyampaikan ajaran-ajaran islam dan setelah menjelaskan kebenaran-kebenaran akan hakikat islam, beliau berkata kepada anak sulungnya Imam Hasan as, "hingga saat ini berapa hari dari bulan Ramadhan telah berlalu?" Imam hasan berkata, "telah berlalu 13 hari," kemudian beliau bertanya kepada Imam Husain, "kemudian berapa hari tersisa? Imam Husain berkata, "Tersisa tinggal 17 hari." Ketika itu Amirul Mukminin mengusap hiasannya yang mulia (jenggotnya) dan berkata, "sudah dekat waktunya rambutku ini tersimbahkan dengan darah".

Pada malam ke 16 bulan Ramadhan tahun 40 H, Imam Ali as bermimpi bertemu dengan Rasulullah saww, dan beliau memberi khabar gembira kepada Amirul Mukminin akan kedekatan waktunya untuk bertemu dengan baginda di surga. Kemudian beliau memberitahu kepada putrinya Ummu Kulsum. Dan pada malam ke 19 ia akan berbuka puasa di rumahnya.

Amirul Mukminin tidak tidur pada malam tersebut dan sering keluar dari rumah untuk menatap langit seraya berkata, "Demi Allah, aku tidak memperdaya dan tidak diperdaya. Ini adalah malam yang dijanjikan untukku." Lalu beliau kembali ke tempat tidur.

Semasa beliau keluar untuk pergi ke masjid, sekelompok angsa berteriak ke arah beliau. Saat orang orang mahu menghalau angsa angsa tersebut, beliau a.s berkata, "Biarkan saja, kerana angsa angsa itu sedang meratapi kematianku"

Pada waktu subuh, hari ke 19 bulan suci Ramadhan, setelah azan subuh dikumandangkan Imam Ali memasuki masjid dan suara beliau yang indah terdengar membangunkan orang-orang yang tertidur di dalamnya. “Ayuhan naas, assholah”, wahai manusia, waktu sholat telah tiba bangkitlah!

Kemudian beliau memulai sholatnya. Ketika pada rakat pertama beliau mengangkat kepala dari sujudnya Syabib melancarkan serangannya kepada Ali as, namun pedangnya terpeleset dan salah keluar dari sasaran, secara sentak Ibnu Muljam (semoga laknat Allah tercurah padanya) melancarkan serangannya dan pedangnya membelah bagian tengah kepala mulia Ali as dan jenggot mulia beliau bersimbahkan darah yang keluar dari kepala yang terbelah oleh pedang, dan suara sucinya terdengar keras: “Bismillah wa billah wa ala millati Rasulillah, fuztu wa rabbil Ka’bah”. Dengan nama Allah, dan demi Allah, dan atas agama dan ajaran Rasulullah, aku telah jaya (menang, bebas) dan demi Tuhan Ka’bah.

Orang orang mendekati Imam Ali a.s dan bertanya, "Wahai Amirul Mukminin, harus kami apakan musuh Allah tersebut? Kerana dia telah menghancurkan umat dan merosakkan agama."

Beliau a.s menjawab, "Jika aku hidup, maka aku akan mengadilinya. Namun, jika aku meninggal, maka lakukan kepadanya apa yang dilakukan oleh Rasulullah kepada seorang pembunuh. Bunuhlah dia dan bakar mayatnya.

Pada tanggal 21 Ramadhan, Amirul Mukminin Ali ibn Abi Thalib telah menghembuskan nafasnya yang terakhir..

Inna lillah wainna ilahi rajiuun

Assalamua 'alaika Ya Wasi al Rasul,

Assalamu 'alaika Ya Imaamal Muttaqeen

Assalamu 'alaika Ya Zaujata al Batuul

Assalamua 'alaika Ya Abal Hasani Wal Husaien

Assalamu 'alaika Ya Amirul Mukminin

Ya 'Ali Ibni Abi Thalib, Warahmatullahi Wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar